[Makalah] Mengefektifkan Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca

Kali ini PahalaBerbagi akan berbagi Makalah Mengefektifkan Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca yang berjumlah total 11 halaman, dengan daftar isi sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan

BAB II PELAKSANAAN
A. Alternatif Metode Membaca
B. Metode SQ3R
C. Langkah-Langkah Metode SQ3R

BAB III PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
***

Sebelum kita melihat Makalah Mengefektifkan Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca selengkapnya, mari kita pahami dulu beberapa pengertian terkait seperti berikut ini: 

A. PENGERTIAN MAKALAH
Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Suatu makalah memiliki sistematika yang dibagi menjadi empat bab, yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan dan kesimpulan atau penutup. Tetapi kadang untuk makalah yang sederhana, studi kepustakaan dan pembahasan disatukan dalam satu bab saja, yaitu ke dalam bab pembahasan.

B. PENGERTIAN EFEKTIF
Efektif adalah sebuah usaha untuk mendapatkan tujuan, hasil atau target yang diharapkan dengan waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu tanpa memperdulikan biaya yang harus atau sudah dikeluarkan. Pekerjaan efektif berhubungan perencanaan, penjadwalan dan pengeksekusian keputusan yang tepat guna. Suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif jika tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai. (salamadian.com)

C. PENGERTIAN METODE
Metode adalah suatu proses atau cara sistematis yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dengan efisiensi, biasanya dalam urutan langkah-langkah tetap yang teratur. Kata metode (method) berasal dari bahasa Latin dan juga Yunani, methodus yang berasal dari kata meta yang berarti sesudah atau di atas, dan kata hodos, yang berarti suatu jalan atau suatu cara. Metode secara harfiah menggambarkan jalan atau cara suatu totalitas yang akan dicapai atau dibangun. Mendekati suatu bidang secara metodis berarti memahami atau memenuhinya sesuai dengan rencana, mengatur berbagai kepingan atau tahapan secara logis dan menghasilkan sebanyak mungkin hubungan. (www.kanalinfo.web.id)

D. PENGERTIAN SQ3R
Metode SQ3R ini termasuk metode yang paling awal perkembangannya. Metode SQ3R dikembangkan oleh Robinson (1946), SQ3R adalah suatu metode studi yang mencakup 5 tahapan, yaitu: Survey, Question, Read, Recite, dan Review.

E. PENGERTIAN MEMBACA
Membaca merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang menyatakan bahwa membaca adalah mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Di dalam KBBI tertulis bahwa ada setidaknya 5 makna dari kata “baca” atau “membaca” yaitu : 
  1. Melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis, bisa dengan melisankan atau hanya dalam hati.
  2. Mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. 
  3. Mengucapkan sesuatu yang tertulis. 
  4. Memperhitungkan/Memahami isi sebuah tulisan/simbol/gambar dll. 
Dapat juga diartikan sebagai “mengambil, memperoleh makna dari kata, kalimat, paragraf hingga sebuah satu kesatuan (misal buku/karya tulis) dll. Sehingga kesimpulannya adalah, jika secara umum, membaca dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas dalam melafalkan, mengeja, membunyikan simbol-simbol, abjad hingga menjadi kata sampai kalimat yang memiliki makna.
***

Untuk membaca atau mengunduh Makalah Mengefektifkan Penggunaan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca selengkapnya, silahkan klik tautan-tautan di bawah ini!  
Baca Online
Makalah SQ3R Membaca
GRATIS
Download PDF
Makalah SQ3R Membaca
GRATIS
Download DOCX
Makalah SQ3R Membaca
RP. 5.000
Previous
Next Post »
Thanks for your comment