[Laporan] Bulanan PKH Tahun 2016




Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan sebuah program bantuan tunai bersyarat kepada keluarga miskin (KM) atau yang kita kenal sekarang adalah keluarga penerima manfaat (KPM), dalam istilah internasional dikenal dengan Conditional Cash Transfers (CCT) yang meliputi 3 komponen yaitu komponen kesehatan, komponen pendidikan, dan komponen kesejahteraan sosial.  

Pelaksanaan CCT di indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan signifikan adalah pada tahun 2016 dimana target penerima CCT di indonesia sebanyak 6 juta keluarga. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bentuk penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Kecamatan Bojongsoang merupakan salah satu daerah yang menjadi program penanggulangan kemiskinan, hal ini dikarenakan di kecamatan Bojongsoang masih banyak keluarga miskin (KM) yang membutuhkan bantuan.  

Kegiatan awal Program ini adalah pendamping melakukan Koordinasi, sosialisai,  dan validasi ke berbagai desa di kecamatan Bojongsoang. Hal ini bertujuan untuk mencocokan data KPM dengan data real di lapangan. Beberapa kendala yang ditemukan oleh pendamping diantaranya ketika penyebaran supa terdapat nama KPM yang tidak ditemukan di lapangan, dan letak pemukiman yang tidak bisa dijangkau oleh transportasi umum. Hasil validasi yang dilakukan pendamping selama tiga hari di tiga desa yang ada di kecamatan Bojongsoang yaitu desa Neglasari, Cibarengkok dan Cikondang terdapat 223 KPM yang berhak menerima bantuan tunai. 

Silahkan download untuk lebih lengkapnya link di bawah


Download
Kegiatan Bulanan.docx
Size : 73.2 KB


Previous
Next Post »
Thanks for your comment